Rabu, 14 Oktober 2009

Janda-janda Kosmopolitan

Pengarang: Andrei Aksana
Cerbung dari "Kompas"

Cerbung yang baru saja tamat dari "Kompas", lagi-lagi karya dari Andrei Aksana.

Bercerita tentang kehidupan seorang janda yang bernama Rossa, pemilik sebuah butik di Jakarta. Ia mempunyai seorang anak bernama Adys, yang lahir di luar nikah karena yang menghamilinya tak mau bertanggungjawab. Sehari-hari Adys diasuh oleh keponakan Rossa, murid SMA yang bernama Prilly.
Suatu hari, karena ujian Prilly sudah dekat, jadi Rossa memutuskan untuk mencari pengasuh untuk Adys. Dan Rossa pun menemukan Nunung, mantan TKW dari Arab yang serba bisa dan unik. Ternyata Nunung juga seorang janda. Kisah hidup Nunung dan Rossa pun hampir sama. Walaupun status mereka adalah pembantu dan majikan tapi mereka saling berbagi satu sama lain.
Selain mereka, ada beberapa tokoh lainnya yang hadir dalam novel ini, tentu saja mengisi hari-hari dari Rossa dan Nunung, seperti teman-teman Rossa yang juga menjanda yaitu Dilla dan Inge, pembantu-pembantu sekitar kompleks yang kemudian diprovokasi Nunung untuk meningkatkan derajat pembantu, dan sebagainya. Tentu saja diceritakan tentang pria-pria yang hadir dalam hidup mereka berdua.

Kelebihan: idenya menarik, ceritanya juga tidak biasa.
Kekurangan: bahasanya tidak sepuitis karya Andrei Aksana yang biasanya. Ceritanya terasa agak dipanjang-panjangkan, mungkin karena cerita bersambung. Alurnya juga kurang jelas, terkesan melompat-lompat. Endingnya menggantung. Dan satu lagi, kendala bahasa, karena ada beberapa kalimat dalam bahasa Jawa dimana si penulis tidak menjelaskan apa artinya, sedangkan tak semua pembaca mengerti bahasa Jawa.

Rating: 7,5/10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar