Kamis, 22 Oktober 2009

Girl Story & Girl Story Alive

Pengarang: Yutaka Kanzaki dan Rika Tanaka
Penerbit: Elex Media Komputindo
Jumlah jilid: 5(Girl Story), 2 (Girl Story Alive)

Yah mungkin ada baiknya saya memberikan pula resensi komik-komik yang sudah saya baca dan berkenan di hati saya. Tadinya saya tidak mau memasukkan resensi komik ke dalam blog ini, namun setelah dipikir-pikir karena peminat komik Jepang alias manga juga lumayan banyak di sini, jadi saya memutuskan untuk meresensi beberapa yang sudah tamat. Apalagi saya juga salah satu peminat manga.

Morning Musume. Ketika mendengar dua kata ini, mungkin banyak dari antara kalian yang tidak mengetahui apa itu. Jangankan "orang awam", kadang penyuka Jepang pun belum tentu mengetahui apa itu Morning Musume. Padahal sebenarnya kalau kalian mencari di Wikipedia, kalian akan mengetahui bahwa Morning Musume itu cukup terkenal di Jepang. Morning Musume adalah sebuah grup berisikan penyanyi berusia sekitar 12 tahunan sampai 20-an tahun, yang semuanya perempuan. Untuk mengikuti grup ini diperlukan audisi yang sangat ketat yang diikuti oleh ribuan orang di setiap audisinya. Selain menyanyi, grup ini juga menari.
Serial komik ini menceritakan tentang perjalanan Morning Musume dari awal berdirinya yaitu 1998 sampai tahun 2004. Walaupun Morning Musume masih ada sampai sekarang tapi komik ini sudah terlebih dahulu selesai. Bahkan sebagian besar anggota Morning Musume yang diceritakan dalam serial ini sekarang sudah tidak lagi menjadi anggota Morning Musume. Tapi secara keseluruhan, serial ini lumayan menarik dan akan menambah pengetahuan kalian mengenai sejarah Morning Musume.

Pada Girl Story Alive, ceritanya lebih berupa cerita lepas, tapi masih berhubungan dengan single-single Morning Musume. Dikemas dalam bentuk gambar chibi dan cerita yang lebih menekankan unsur komedi.

Kelebihan: gambarnya menarik dan lucu, tidak membosankan walau dibaca berulang kali (terutama yang Alive)
Kekurangan: grup yang dibahas tidak terlalu terkenal untuk pembaca di Indonesia. Saya sendiri baru mengetahui Morning Musume setelah membaca komik ini.

Nilai: 7,7/10

5 komentar:

  1. aku tau momusu,kok...
    malahan aku ngefaaaaaannnnssss...banget sama mereka! Hhe..

    BalasHapus
  2. aku hanya suka Abe di dalam komik, di dunia nyata tidak

    BalasHapus
  3. memangnya keseharian morning musume bertengkar yaa??

    BalasHapus
  4. kalo aku sukanya sih sama SNSD Taeyeon

    BalasHapus