Sabtu, 12 Desember 2009

To Tokyo To Love

Pengarang: Mariskova
Penerbit: Gramedia
Tahun terbit: 2008
Tebal: 294 halaman

Nina, yang mempunyai masa lalu buruk karena mantan tunangannya yaitu Ian menghamili Karina, mantan pacarnya, pergi ke Jepang untuk melupakan pria itu. Di Jepang ia mencoba untuk melupakan pria itu, dengan bersahabat dengan seorang yang dikenalnya di dunia maya, Takeo. Ia juga mulai mencintai orang lain, yaitu pria misterius yang sering dilihatnya di kereta yang disebutnya "men in black". Namun, yang tak disangka Nina adalah, Ian pergi ke Jepang untuk mengejarnya karena Ian masih mencintai Nina...

Kelebihan: Bahasanya mengalir cukup lancar, latar belakang Jepang disampaikan dengan jelas dan mudah dimengerti tanpa perlu terlalu berlebihan. (Saya telah beberapa kali menuliskan cerita yang berlatarbelakang di Jepang tapi berhubung saya maniak budaya Jepang -namun saya tetap lebih cinta Indonesia- saya merasa kadang tulisan saya menyampaikan Jepang secara agak berlebihan)
Kekurangan: Ceritanya agak klise, akhirnya mudah ditebak, dan ada beberapa romanisasi dalam bahasa Jepang yang setahu saya tidak benar.

Nilai: 7,8/10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar