Selasa, 24 November 2009

Kelas 205

Pengarang: Tracy Kidder
Penerbit: Qanita

Novel nonfiksi yang bercerita tentang kehidupan di sebuah ruang kelas di sebuah sekolah di Holyoke, kawasan hispanik di Amerika Serikat. Guru dari kelas 5 SD itu, yaitu kelas 205, adalah Christine Zajac yang biasa dipanggil Bu Zajac. Kelas ini muridnya berasal dari latar belakang yang berbeda-beda dengan sifat dan kepintaran yang berbeda-beda pula. Ada murid yang pintar dan anak teladan di kelasnya, murid yang tidak pernah mengerjakan karangan, murid yang suka mengejek gurunya, dan lain sebagainya. Melalui buku ini kita bisa mengetahui suka duka seorang guru ketika mengajar murid-muridnya.

Kelebihan: Disampaikan dengan baik, dalam bentuk cerita yang per babnya pendek sehingga tidak membosankan. Pada awalnya saya kira buku ini membosankan hingga saya malas membacanya. Sudah 3 minggu saya berusaha membacanya, dan hanya berhasil membaca 70 halaman. Barulah beberapa hari yang lalu saya menemukan bahwa buku ini cukup menarik, dan saya bisa membacanya dalam waktu 3 hari.

Kekurangan: Seperti yang tadi telah saya bilang, di awal cerita terasa membosankan sehingga minat baca sudah luntur duluan kalau-kalau saya tidak memaksa diri untuk meneruskan membacanya sampai selesai.

Nilai: 6,9/10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar