Sabtu, 14 November 2009

Dengarlah Nyanyian Angin

Pengarang: Haruki Murakami
Penerbit: Gramedia
Tahun terbit (asli): 1979
Tahun terbit (terjemahan): 2008

Buku setebal kurang lebih 150 halaman ini mengisahkan tentang tokoh utama yang tidak disebutkan namanya, sebut saja "aku". Tokoh utama ini punya seorang teman yang biasa dipanggil Nezumi, nama aslinya juga tidak diketahui. Novel ini menceritakan lika-liku kehidupan si tokoh utama bersama Nezumi, tentang kehidupannya yang penuh dengan rokok, mabuk-mabukan, dan wanita.

Kelebihan: Ceritanya menarik, bahasanya lumayan mudah dimengerti, serta tidak membosankan sehingga saya bisa menamatkannya dalam beberapa jam (walau sebenarnya saya butuh 2 hari, karena keterbatasan waktu... Akhir-akhir ini saya terus memperpanjang dan memperpanjang buku-buku yang saya pinjam karena memiliki waktu yang lebih sedikit daripada biasanya untuk membaca)
Kekurangan: Ada bahasa yang tidak formal yang muncul dalam buku ini. Entah kenapa, penggunaan bahasa yang seperti itu membuat kesan kuat yang ada dalam buku ini menjadi berkurang. Dialog-dialog dengan bahasa nonformal yang ada dalam buku ini membuat buku ini menjadi seperti novel Jepang "rendahan" (maaf saya berkata seperti itu, tapi saya tak begitu menyukai novel-novel Jepang yang covernya mirip cover komik Jepang, berukuran kecil lebih kecil daripada novel pada umumnya, dan memiliki bahasa serta cerita yang bermutu sangat rendah... Komik Jepang yang ceritanya klise sekalipun bahkan lebih bagus dari itu). Padahal kalau bahasanya agak lebih bagus (memakai bahasa baku dan sebagainya) saya rasa novel ini akan jadi lebih bagus lagi.

Nilai: 7.8/10

1 komentar:

  1. wah, saya selalu tertarik baca novel terjemahan, terutama yang dari jepang, bisa kasih tau dimana yang jual novel online ini nggak?

    thx infonya

    eniwey, novel ini sama yakuza moon, ama GUROTESUKU(GROTESQUE) themanya setipe yak?

    cuma bedanya ini toko utamanya cewek?

    BalasHapus